FEEDJIT Live Traffic Feed

Ads 468x60px

Kamis, 26 Maret 2009

JARINGAN KOMPUTER

1.1. PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER
Sebelum mendalami dan mengerti apakah yang disebut dengan jaringan computer,
ada baik memperhatikan beberapa contoh berikut:
• Deretan kasir pada supermarket biasanya menggunakan computer yang
saling berhubungan.
• Jalur komunikasi dengan handphone adalah salah satu contoh dari jaringan
kabel.
• Pada bank-bank biasanya menggunakan computer yang terhubung 24 jam
penuh. Proses transaksi ATM pun dapat terekam dengan baik biarpun jam
kerja bank sudah selesai.
• INTERNET adalah jaringan computer yang terbesar yang pernah ada. Di
Internet informasi apapun mudah didapatkan karena internet adalah
jaringan antara computer-computer dari seluruh dunia.
Dengan mengamati contoh-contoh tersebut, maka jaringan computer dapat
diartikan sebagai himpunan atau kumpulan computer-computer (umumnya PC
dekstop) yang saling terhubung melalui media penghubung (kabel ataupun
gelombang radio ataupun medium lain seperti serat optic) untuk melakukan
pertukaran data demi tercapainya tujuan tertentu.
Jadi bila ada dua buah computer yang saling terhubung dan bertukar data maka itu
juga sudah dapat disebut sebagai jaringan computer. Untuk mempelajari jaringan
dengan lebih mudah maka perlu dipahami terlebih dahulu apa keuntungannya dari
menghubungkan computer tersebut menjadi sebuah jaringan. Karena dengan
demikian ada motivasi untuk belajar lebih lanjut.
Adapun mamfaat dari bentuk jaringan computer (perusahaan atau organisasi)
adalah:

1. memudahkan berbagi – pakai (sharing) data, printer, atau yang lainya.
Dengan demikian maka pengambilan data tidak dilakukan berulang-ulang.
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
3 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
2. reliability yang tinggi, dengan adanya berbagaI computer yang saling
berhubungan maka jika salah satunya rusak maka yang lainnya dapat
menggantikan.
3. mampu meningkatkan kinerja (daya kerja) sistem secara keseluruhan. Ini
juga akan mempercepat pekerjaan.
4. dengan adanya jaringan maka antara pegawai pada suatu bagian dan
bagian yang lainnya dapat saling berkomunikasi tanpa harus meninggalkan
ruangannya.
5. keuntungan jaringan yang terbesar (seperti internet) adalah memudahkan
pencarian informasi.
1.2. MACAM – MACAM JARINGAN KOMPUTER
Jaringan computer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian menurut jarak atau
luas area cakupan dari jaringan tersebut dan menurut teknologi transmisi yang
digunakannya.
Jaringan menurut teknologi transmisi yang digunakannya dibedakan
menjadi:
1. Jaringan broadcast
Jaringan broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersamasama
semua computer yang ada pada jaringan. Pada jaringan ini data dikirim
dalam bentuk paket-paket kecil yang dikirimkan oleh sebuah computer dan akan
akan diterima pleh semua computer yang dilaluinya. Pada waktu paket tersebut
dikirimkan dan diterima oleh sebuah computer dalam jaringan maka computer
yang menerima itu akan memeriksa apakah paket tersebut untuk computer
tersebut dengan cara melihat pada field alamat yang disertakan dalam paket itu.
Jika tidak paket akan dilepas untuk selanjutnya menuju ke computer berikutnya.
Tetapi apabila computer menemukan bahwa alamat paket itu memang ditujukan
kepadanya maka computer tersebut akan memproses paket data tersebut.
2. Jaringan point to point
Jaringan ini terdiri dari beberapa pasangan koneksi individu dan computercomputer.
Untuk mengirim paket dari data sumber ke tujuan pada jaringan tipe
ini paket data harus melalui computer-computer perantara, bahkan seringkali
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
4 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
harus melalui lebih dari satu route yang mungkin berbeda jaraknya. Oleh karena
itu, algoritma routing memegang peranan penting dalam jaringan tipe point to
point ini. Contoh jaringan ini adalah internet.
Pada umumnya jaringan yang lebih kecil dan teralokasi lebih banyak menggunakan
tipe broadcast. Sedangkan jaringan yang lebih besar sering menggunakan jaringan
tipe point to point.
Pembedaan jaringan menurut jarak atau ruang lingkupnya adalah:
1. LAN (Local Area Network)
Biasanya LAN diterapkan pada home atau office networking karena keterbatasan
ruang lingkup geografis yang hanya 10 km saja. Artinya LAN adalah jaringan
computer yang kecil dan biasanya hanya digunakan pada jaringan yang bersifat
pribadi dan tidak menggunaka fasilitas perusahaan telekomunikasi umum. Jarak
dari LAN umumnya adalah satu kantor atau satu gedung, bisa juga kampus.
Biasanya LAN diterapkan untuk menudahkan barbagi pakai ( sharing) peralatan
tertentu seperti printer, scanner atau data. Transmisi data yang digunakan LAN
pada umumya adalah kabel tunggal. LAN tradisional pada umunya beroperasi
pada kecepatan 10 sampa 100 Mbps ( mega bit per second) dengan delay
rendah. Dan mempunyai faktor kesalahan kecil. Sedangkan LAN modern
mempunyai kecepatan yang jauh lebih tinggi yaitu ratusan Mbps. LAN adalah
merupakan salah satu kategori yang terpisah dari komunikasi data dan jaringan.
2. MAN (Metropolitan Area Network).
Adalah LAN dalam area yang lebih besar. Teknologi yang digunakan juga hampir
sama dengan LAN. Yang membedakan dengan LAN hanya lingkupnya saja yang
lebih luas. Umunya MAN mencakup kantor-kantor usaha yang saling berdekatan
dan dapat digunakan untuk keperluan pribadi. MAN biasanya mampu menunjang
data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan televise kabel. MAN hanya
memiliki satu buah kabel dan tidak memiliki alat switching yang berfungsi untuk
mengatur paket melalui beberapa output kabel. Akan tetapi bila alat switching
ditambahkan maka jaringan akan lebih sederhana.
3. WAN (Wide Area Network).
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
5 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Adalah j aringan yang mencakup luas daerah yang sangat besar. Dapat juga
antar pulau bahkan benua. WAN terdiri dari mesin-mesin yang bertujuan untuk
menjalankan aplikasi. WAN biasanya mempunyai dua buah elemen penting yaitu
kabel transmisi dan elemen switching. Data dipindahkan dari satu computer ke
computer lainnya hanya melalui kabel tersebut.
1.3. TOPOLOGI
Topologi jaringan adalah tata cara penghubungan antara satu computer dengan
computer yang lainnya kedalam sebuah jaringan. Ada beberapa macam bentuk
topologi untuk jaringan bentuk-bentuk itu adalah:
1. Ring
Tiap client dihubungkan dengan 2(dua) client lainnya yang berdekatan. Semua
paket yang dikirimkan harus dilengkapi dengan alamat tujuan sebelum akan
dikirimkan kedalam cincin. Paket data akan diputar dalam cincin sampai
computer tujuan diketemukan, dan paket diterima oleh computer yang
bersangkutan. Jarang digunakan kecuali pada jaringan yang bersifat local.
Station
A
Station
B
Station
C
Station
D
Gambar 1.
Topologi ring
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
6 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
2. Star
Menghubungkan semua computer client dan server kesebuah pusat, biasanya
pusatnya adalah sebuah Hub. Semua sambungan antar computer harus
dilewatkan pada Hub. Operasi jaringan secara total tergantung sepenuhnya
terhadap kinerja Hub. Jika Hub error maka jaringan akan macet. Contoh
penggunaan topologi ini adalah LAN di kampus-kampus atau area yang kecil.
3. Bus
Semua computer terhubung kejalur utama. Keunggulannya adalah tiap
komputer tambahan dapat langsung dihubungkan ke jaringan tanpa
mengkonfigurasi ulang jaringannya. Digunakan untuk jaringan local yang
relative pendek tetapi mempunyai banyak computer client.
Active
Hub
Database
Administrator
Apotik Gudang Gudang Obat /
Farmasi
Panitia
Pengadaan
Database
Server
Gambar 2.
Topologi star
ETHERNET MEDIUM
COMPUTER
D
COMPUTER
A
COMPUTER
B
PRINTER
C
Gambar 3.
Topologi Bus
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
7 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
4. Tree
Gabungan dari bus dan star. Seperti yang terlihat, backbone cable-nya
membentuk topologi bus menghubungkan node-node jaringan kecil yang lain
yang menggunakan topologi star.
5. Mesh (jaring)
Menerapkan hubungan antara central secara penuh. Jumlah saluran harus
disediakan untuk membentuk jaringan mesh adalah jumlah central dikurangi 1
(n-1,n=jumlah central). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan
meningkatnya jumlah central yang terpasang. Dengan demikian disamping
kurang ekonomis juga relative mahal dalam pengoperasianya. Dan jika dilihat
Hub
Modem
Backbond Cable
Gambar 4.
Topologi Tree
Gambar 5.
Topologi Mesh
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
8 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
dari bentuknya maka kita akan menyadari bahwa sebenarnya topologi ini adalah
gabungan dari topologi ring dan topologi star.
6. loop network.
Merupakan hubungan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran
tertutup. Dalam bentuk ini tidak ada central node atau host node, semua
punya status yang sama.
1.4. KOMUNIKASI DATA
Kemajuan teknologi sekarang berpengaruh besar pada perkembangan pengolahan
data. Data dari satu tempat dapat dikirim ke tempat lain untuk diolah dengan alat
telekomunikasi. Untuk data yang menggunakan computer, pengiriman data
menggunakan sistem transmisi elektronik, biasanya disebut dengan istilah
komunikasi data ( data communication). Di dalam sistem telekomunikasi, istilah
jaringan ( netwok) digunakan bila paling sedikit dua atau lebih alat-alat
dihubungkan satu dengan yang lainnya. Contoh jaringan yang dilihat sehari-hari
adalah jaringan radio dan televise, dimana beberapa stasiun pemancar saling
dihubungkan, sehingga suatu progam yang sama bisa disalurkan / disiarkan ke
segala penjuru. Untuk mengkomunikasi kan data dari satu tempat ketempat yang
lain , tiga elemen sistem harus tersedia yaitu data sumber ( source), media
Gambar 6.
Topologi loop
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
9 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
transmisi( transmission media) yang membawa data yag dikirim dari sumber data
ke elemen ketiga yaitu penerima ( receiver).
1. Media Transmisi Data.
Untuk menyalurkan data diperlukan sebuah pedia penghantar yang khususnya
untuk menangani transfer data dengan efisien. Seiring dengan berkembangnya
teknologi telekomunikasi maka berkembang pula media tansmisi untuk data.
Sekarang media transmisi dapat dibedakan menjadi media transmisi kabel dan
nirkabel (wireless).
A. Media Transmisi Kabel.
1. Coaxial Cable.
a. Thin Coax/RG-58/Thinnet (10 Base2)
R
DTE 1
DTE 4
DTE 2
DTE 3
Thin Ethernet Coax
(185 meter maximum
0.5 minimum)
NIC MAU DTE
Female BNC MDI
male BNC50 ohm
terminator
male BNC conector
BNC -T
Gambar 7. Topologi 10Base2
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
10 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Dahulu media ini paling banyak digunakan untuk menangani
jaringan rumah dan perkantoran. Meskipun penggunaanya
susah dan lebih mahal. Secara fisik diameter kabel ini 5mm
dan biasanya digunakan pada topologi bus. Pemasanganya
menggunakan konektor BNC. Pada jaringan dengan
mengguakan kabel ini untuk menyambung antara computer
digunakan konektor –T ( T-Connector). Dan setiap ujungnya
menggunakan terminator atau penutup (50 ohm). Kabel ini
mampu menghubungkan hingga 30 komputer dengan panjang
jaringan 0.5-185 meter.
b. Thick Coax /RG-8/Thicknet (10Base5)
Hampir sama dengan Thin Coax, haya saja fisiknya berbeda.
Thicknet berdiameter 1 cm (10mm). Pada Thicknet digunakan
Transceiver (MAU= Medium Attachment Unit) untuk
menghubungkan setiap computer dengan sistem jaringan dan
konektor yang digunakan adalah konektor tipe DIX. Panjang
kabel transceiver maximum 50 m, panjang Thick Ethernet
maksimum 500 m dengan maksimum 100 transceiver
terhubung, jika dipasang repeater maka panjangnya jaringan
ini dapat mencapai 2.5 km.
DTE DTE DTE
Gambar 8. Topologi 10 Base 5
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
11 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Keuntungan dan kerugian menggunakan kabel coaxial:
Keuntungan :
1. dapat digunakan untuk komunikasi tipe broadband da mampu
mengirimkan suara, data bahkan video atau gambar dengan
baik.
2. relative mudah diinstall.
3. harga terjangkau dibandingkan dengan kabel sejenis.
Kerugian
1. mudah rusak, tidak mudah bekerja dengan kabel ini.
Terutama kabel thick coaxial.
2. lebih susah digunakan disbandingkan dengan kael twisted
pair.
3. tidak dapat digunakan dalam topologi ring.
4. thick coaxial susah diinstall teruatama pada saat mengupas
kabel untuk dihubungkan dengan konektor.
5. konektornya mahal.
6. baseband coaxial tidak dapat menyalurkan data, suara
maupun gambar(video).
NIC DTE
MAU
Male ‘N’ connector
50 ohm terminator
Thick Coax Segment
(500 m maximum)
AMP
Thick
Coaxial
Tap
(MDI)
15-pin AUI
connector (Male)
(female)
Gambar 9. Struktur Jaringan 10 Base 5
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
12 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
2. Twisted Pair
Memiliki beberapa jenis utama yaitu shielded (berselimut) biasanya
disebut STP dan unshielded (tidak memiliki selimut) biasanya disebut
UTP (10BaseT). Untuk UTP terdapat pula pembagian jenis yakni:
• Category1:sifatnya mampu mentransmisikan data kecepatan
rendah. Contoh: kabel telephone.
• Category2:sifatnya mampu mentransmisikan data lebih cepat
dibandingkan category 1. dapat digunakan untuk
transmisi digital dengan bandwidth hingga 4MHz.
• Category 3:mampu mentransmisikan data hingga 16 MHz.
• Category 4:mampu mentransmisikan data hingga 20 MHz.
• Category5:digunakan untuk transmisi data yang memerlukan
bandwidth hingga 100 MHz.
Kabel UTP ini supaya dapoat digunakan harus diberi konektor RG-45.
berikut susunan kabel dalam kabel UTP:
1 2 3 4 5 6 7 8
Orange/White
Green/White
Orange
Blue
Blue/White
Green
Brown/White
Brown
Gambar 10. Susunan kabel RG-45
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
13 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Wire pair #1 White/Blue
Blue
Wire pair #2 White/Orange
Orange
Wire pair #3 White/Green
Green
Wire pair #4 White/Brown
Brown
Dalam pemasanganya ada dua cara, yaitu straight cable dan
crossover cable.
Without a Hub (Crossover Cable).
When you only need to connect one pc to another, without a hub, you need a
crossover-cable.
The same is when you connect one hub to another hub, using the uplink-port.
* 1 Orange Stripe TX+ Connect with 3 green stripe
* 2 Orange TX- Connect with 6 green
* 3 Green stripe RX+ Connect with 1 Orange stripe
4 Blue Connect with 8 Brown
5 Blue strip e Connect with 7 Brown stripe
* 6 Green RX- Connect with 2 Orange
7 Brown stripe Connect with 5 Blue stripe
8 Brown Connect with 4 Blue
TX+
TX-
RX+
RX-
TX+
TX-
RX+
RX-
Crossover
Hub1 Hub2
Gambar 11. Susunan kabel UTP
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
14 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
With a Hub (Direct Connection) straight cable
Things are getting easier if you have a hub. The cable is ‘straight-through’,
or 1:1
Straight cable digunakan untuk menghubungkan antara
computer ke hub. Sedangkan Crosover Cable digunakan
untuk menghubungkan antara hub dan hub.
3. Fiber Optic / 10 BaseF (serat fiber)
Adalah media penghantar yang berupa kabel khusus yang juga
harus diperlakukan secara khusus pula sehingga tetap dapat
menghantarkan data dengan baik. Itu karena fiber optic adalah
media penghantar yang berupa cahaya. Jadi data diubah dulu
dengan menggunakan converter menjadi gelombang cahaya yang
kemudian akan dipantulkan melalui kabel khusus tersebut. Laju data
yang dikirim didalam jaringan ini luar biasa cepat. Lebih cepat dari
LAN yang menggunakan kabel.
TX+
TX-
RX+
RX-
TX+
TX-
RX+
RX-
Straight-through
Non repeater Hub(repeater)
* 1 Orange Stripe TX+ Connect with 1 Orange stripe
* 2 Orange TX- Connect with 2 Orange
* 3 Green stripe RX+ Connect with 3 Green stripe
4 Blue Connect with 4 Blue
5 Blue strip e Connect with 5 Blue stripe
* 6 Green RX- Connect with 6 Green
7 Brown stripe Connect with 7 Brown stripe
8 Brown Connect with 8 Brown
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
15 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
B. Media Transmisi Nirkabel:
1. Wireless LAN (WiFi) standar IEEE 802.11
Adalah media penghantar yang menggunakan gelombang radio.
Diperlukan alat khusus untuk dapat terhubung dengan WiFi. Tempat
yang menyediakan akses WiFi secara bebas disebuat dengan Hot
Spot. Untuk mnghubungkan antara komputeryang satu dengan
yang lainya diperlukan pemancar dan penerima dalam satu alat.
Cara transmisi seperti ini saat bergantung uaca. Awan dapat
mengganggu sinyal yang diterima. Sehingga aliran data mungkin
terputus.
Core
Cladding
Buffer
coating
Light Signal 1
Light Signal 2
Gambar 12.Cabel Fiber Optic
Gambar 13. Transmisi Kabel Fiber Optic
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
16 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
2. WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access)
standart IEEE 802.16.
Standart IEEE 802.16 memberikan kemudahan dalam akses internet
untuk area metropolitan dengan hanya mendirikan beberapa base
station (BS) yang dapat mengcoverage jutaan subscriber (SS).
Teknologi WiMAX merupakan solution untuk kota atau daerah
pedesaan yang belum berkembang dalam penyediaan akses
internet. Enkripsi data yang digunakan berupa data encryption
standart (DES) dan authentication pada setiap client /
subscriber station (SS) yang sangat baik dengan setifikat X.509
yang unik, handal dan dapat dipercaya ketangguhannya.
Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX)
merupakan standar industri yang bertugas menginterkoneksikan
berbagai standar teknis yang bersifat global menjadi satu kesatuan.
WiMAX dan WiFi dibedakan berdasarkan standar teknik yang
bergabung didalamnya. WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11
dengan ETSI HiperLAN yang merupakan standar teknis yang cocok
untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan gabungan
antara IEEE 802.16 dengan ETSIHiperMAN. Standar keluaran IEEE
banyak digunakan secara luas didaerah asalnya, yaitu Eropa dan
sekitarnya. Untuk dapat membuat teknologi ini digunakan secara
global, maka diciptakan WiMAX.
Terobosan jaringan internet wireless sebentar lagi akan menjadi
kenyataan. Dengan tower yang dipasang dipusat akses internet (hot
spot) ditengah kota metropolitan, seorang pemakai laptop,
computer, handphone, hingga person digital assistant (PDA),
dengan wireless card bisa koneksi dengan internet, bahkan
ditengah sawah atau pedesaan yang masih dalam cakupan area 50
km. Hal ini dapat terjadi karena teknologi WMAX yang menggunakan
standar baru IEEE 802.16. Saat ini WiFi menggunakan standar
komunikasi IEEE 802.11. Yang paling banyak dipakai adalah IEEE
802.11b dengan kecepatan 11 Mbps, hanya mencapai cakupan area
tidak lebih dari datusan meter saja. WiMAX merupakan saluran
komunikasi radio yang memungkinkan terjadinya jalur internet dua
rah dari jarak puluhan km.
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
17 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Dengan memanfaatkan gelombang radio, teknologi ini bisa dipakai
dengan frekuensi berbeda, sesuai dengan kondisi dan peraturan
pemakaian frekuensi di negara user. Pada awalnya standar IEEE
802.16 beroperasi ada frekuensi 10-66 GHz dan memerlukan tower
line of sight, tetapi pengembangan IEEE 802.16a yang disahkan
pada bulan Maret 2004, menggunakan frekuensi yang lebih rendah
yaitu sebesar 2-11 GHz, sehingga mudah diatur, dan tidak
memerlukan line of sight.
Cakupan area ayang dapat di- coverage sekitar 50 km dan
kecepatan transfer data sebesar 70 Mbps. Pengguna tidak akan
kesulitan dalam megulur berbagai macam kabel, apalagi WiMAX
mampu menangani sampai ribuan pengguna sekaligus.
1.5. ARSITEKTUR JARINGAN.
Arsitektur jaringan adalah sebuah platform atau “jalur” yang akan dilalui oleh data
dalam jaringan. Ada 2(dua) model yang terkenal untuk arsitektur jaringan. Salah
satunya banyak digunakan adalah model OSI (Open Sistem Interconnetion).
Itulah ketujuh layer arsitektur jaringan model OSI. Yang paling atas adalah layer
application, disini data yang akan ditransfer diolah oleh aplikasi. Hingga pada layer
terakhir ( layer physical) data sudah siap ditransfer melalui Hub.
1
2
3
4
5
6
7
switches
hubs
Routers
1. Physical
2. Datalink
3. Network
4. Transport
5. Session
6. Presentation
7. Application
Gambar 14. Model OSI
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
18 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Aliran data dari computer pengirim mengalir melalui layer application ke layer
Physical /paling bawah. Tetapi pada computer penerima data mengalir dari arah
sebaliknya, physical layer ke application layer.
Sedangkan hubungan antara model OSI dengan protocol internet adalah sebagai
berikut:
Media transmisi
7
6
5
4
3
2
1
7
6
5
4
3
2
1
T2 T2 H2
H3
H4
H5
H6
L7 data
L7 data
L6 data
L5 data
L4 data
L3 data
L7 data
L6 data
L5 data
L4 data
L3 data H2
H3
H4
H5
H6
L7 data
100101001001010110011110 100101001001010110011110
Gambar 15. Transfer data dalam model OSI
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
19 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Model OSI TCP/IP Protocol TCP/IP
No Lapisan Nama protocol kegunaan
DHCP (Dynamic
Configuration)
Distribusi IP pada jaringan
dengan jumlah IP terbatas
DNS (Domain
Name Server)
Data base name domain
mesin dan nomer IP
FTP (File Transfer protocol) Transfer file
HTTP (Hyper Text
Transfer Protocol)
Transfer file HTML
dan Web
MME(Multipurpose
Internet Mail Extention)
Megirim file binary dalam
bentuk teks
NNTP(Network News
Transfer Protocol)
Menerima dan mengirim
newsgroup
POP (Post Office Protocol) Mengambil mail dari server
7
Application
SMB(Server Message Block) Transfer file DOS dan
windows
SMTP(Simple Mail Transfer
Protocol)
Perukaran mail
SNMP(Simple Network
Management Protocol)
Manajemen jaringan
Telnet Akses jarak jauh
6
Presentation
TFTP (Tivial FTP) Transfer file
NETBIOS (Network Basic
Input Output System)
BIOS jaringan standar
RPC (Remote Procedure
Call)
Procedurepemanggilan jarak
jauh
5
Session
Application
SOCKET Input Output untuk network
jenisBSD-UNIX
TCP(Transmission Control
Protocol)
Pertukaran data berorientasi
(Connection oriented)
4
Transport
Transport UDP(User Datagram
Protocol)
Pertukaran data non oriented
(connectionless)
IP (Internet Protocol) Menetapkan routing
RIP (Routing Information
Protocol)
Memilih routing
ARP(Address Resolution
Protocol)
Mendapatkan info hardware
Dari nomer IP
3
Network
Internet
RARP (Reverse ARP) Mendapat nomer IP dari
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
20 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Hard Ware
PPP (Poit to Point Protocol) Point to point
LLC SLIP (Serial Line Internet
Protocol)
Menggunakan sambungan
Serial
2
datalink
MAC
1
Physical
NETWORK
INTERFACE
Ethernet, FDDI,
ISDN, ATM
1.6. PROTOCOL-PROTOCOL JARINGAN
Protocol dapat diibaratkan sebagai bahasa komunikasi antar computer dalam
jaringan. Terdapat berbagai macam protocol yang masing-masing mempunyai
keunggulan tersendiri.
1. NetBEUI.
NetBUI merupakan protocol yang banyak digunakan dalam jaringan local
berbasis sisem operassi Microsoft Windows. Sangat baik dan cepat untuk
layanan file sharing dan print sharing. Slah satu kelemahan protocol ini adalah
tidak dapat di-routing sehingga hanya bekerja di satu jaringan local.
2. IPX/SPX (Internetwork Packet Exchange / Squenced Packet
Exchange).
Hampir sama dengan NetBEUI, yaitu digunakan diii jaringan local dan
sangatbaik untk file sharing dan print sharing serta dapat di-routing. Protocol ini
biasa digunakan di jaringan berbasis sistem operasi Novell Netware.
3. TCP/IP ( Transmission Control Protocol/Internet Protocol )
Terdapat perbedaan antara kata “internet” dengan “Internet”. “Internet”
adalah International Network, sedangkan “internet” adalah
internetworkng. Kata “Internet” pada IP adalah internetworking.
TCP/IP adalah protocol yang digunakan di jaringan global karena memiliki sistem
pengalamatan yang baik dan memiliki sistem pengecekan data. Saat ini terdapat
dua version TCP/IP yang berbeda dalam sistem penomoran, yaitu IPv4 (32 bit)
dan IPv6 (128 bit), dan saat ini yang masih digunakan adalah IPv4. Untuk
memudahkan penulisan, alamat IP biasanya ditulis dalam bentuk 4(empat)
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
21 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
segment bilangan decimal yang dipisahkan tanda titik dan setiap segmen
mewakili 8 bit dalam alamat IP. Setiap network adapter dapat memiliki lebih dari
1 (satu) alamat IP namun sebuah alamat IP (IP address ) tidak boleh dipakai
oleh dua atau lebih beberapa network adapter. Pengaturan alokasi alamat IP
dilakukan oleh badan international bernama Internic. Saat ini lebih dari 85%
alamat IP(IPv4) telah terpakai sehingga sebentar lagi sistem IPv4 akan
digantikan IPv6.
1.7. DOMAIN NAME SYSTEM (DNS).
Untuk menulis dan mengingat suatu IP address cukup sulit, karena cukup panjang
dan berupa angka apalagi jumlah IP yang digunakan saat ini sudah sangat banyak.
Oleh karena itu dilakukan pengalamatan dalam bentuk kata-kata, misalnya
www.unisbank.ac.id dan www.plasa.com. Alamat-alamat tersebut disebut
hostname. Pengalamatan seperti itu menggunakan Domain Name System yang
mengaitkan sebuah IP dengan hostname-hostname. Sebuah IP address dapat
berkaitan dengan beberapa hostname tetapi tidak sebaliknya. Keterkaitan antara
suatu IP address dengan hostname-hostnamenya disimpan di computer yang
berfungsi sebagai DNS server atau biasa disebut name server.
1.8. SERVER
Di dalam jaringan dibutuhkan suatu computer khusus yang bertugas melayani
aplikasi-aplikasi jaringan. Computer-komputer ini disebut server, sedang computer
lainya yang memanfaatkan layanan disebuat client. Dengan berkembangnya
jaringan computer, layanan yang harus diberikan oleh server semakin banyak dan
pembedaan jenis server dilakukan berdasarkan pekerjaan yang dilakukan, misalnya:
1. File server : menyipan file-file yang dapat diakses dari kompter client.
2. Print server : menyediakan layanan pencetakan sehingga tidak perlu se-
tiap computer client mempunyai printer sendiri-sendiri.
3. Gateway atau : sebagai pintu gerbang untuk data yang akan keluar dari ja-
Router ringan internal dan merupakan pintu masuk bagi data dari
Luar jaringan, juga bertugas untuk menentukan jalur yang
ditempuh oleh paket data yang akan keluar.
4. Domain Name : menyimpan keterkaitan antara IP address dengan host-
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
22 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
server (DNS name-hostname.
Server)
5. Web Server : menyimpan data-data, biasanya berupa halaman web,
yang bisa diakses melalui web.
6. FTP : menyimpan data berupa file yang dapat diakses melui
internet
7. Proxy server : menyimpan halaman-halaman web secara sementara se-
hingga client tidak perlu meminta isi web langsung dari
server asal.
Untuk jaringan yang besar, tugas –tugas dibagi ke beberapa server sehingga ada
yang hanya bertindak sebagai gateway saja, ada yang menjadi web server, dan lainlain.
Cara seperti ini akan membantu dalam melakukan konfigurasi hardware dan
software server, termasuk dalam hal keamanan.
1.9. LAN
Salah satu bentuk jaringan yang paling popular digunakan adalah LAN dengan
menggunakan kabel UTP dan koneksi peer to peer. Karena pemasangan dan
konfigurasiannya yang mudah. Tidak perlu software (sistem operasi )khusus, cukup
Windows XP maka sudah dapat berbagi pakai data antar computer. Menuru sistem
operasi yang digunakan dala jaringan LAN maka LAN dapat dibagi menjadi 2(dua)
katagori yang settingnya pasti berbeda.
Katagori tersebut yaitu:;
1. Jaringan Client-Server.
Server adalah computer yang menyediakan fasilitas bagi computer-computer lain
didalam jaringan dan client adalah computer –computer yang menerima atau
menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server dijaringan tipe clientserver
disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai server
yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat
berperan sebagai workstation.
Keunggulan:
a. kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan
pengelolaan dilakukan secara khusus oleh satu computer (server) yang tidak
dibebani dengan tugas lain sebagai workstation.
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
23 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
b. sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena ada seorang
pemakai yang bertindak sebagai administrator jaringan, yang mengelola
administrasi dan sistem keamanan jaringan.
c. sistem backup data lebih baik, backup dilakukan di server yag akan digunakan
seluruh jaringan.
Kelemahan:
a. biaya operasional mahal.
b. Perlu adanya computer yang memiliki kemampuan lebih, yang akan
ditugaskan sebagai server.
c. Semua bergantung pada server.
2. Jaringan Peer to Peer
Keunggulan:
a. antar computer dalam jaringan dapat saling berbagi fasilitas yang dimiliki
seperti hardisk, drive ,fax, printer.
b. Biaya murah
c. Jaringan tidak bergantung pada satu server
Kelemahan:
a. troubleshooting lebih sulit, karena setiap computer dimungkinkan untuk
terlibat dalam komunikasi yang ada.
b. Unjuk kerja lebih rendah
c. Sistem keamanan dilkukan masing-masing user
d. Backup dilakukan masing-masing computer
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
24 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
INTERNET
2.1 PENGENALAN INTERNET
Pertanyaan paling umum yang sering ditanyakan adalah, apakah internet itu?
Sebenarnya sampai sekarang belum ada definisi pasti tentang internet. Karena
definisi tersebut mungkin berbeda persepsinya antara dahulu, sekarang dan masa
yang akan datang. Hal itu disebabkan ke-kompleks-an yang ada pada internet, dan
perubahan yang sangat cepat dari masa ke masa. Namun demikian perlu kiranya
kita mengambil sebuah definisi tentang internet.
Internet adalah sebuah jaringan komputeryang terdiri dari berbagai macam ukuran
jaringan komputer diseluruh dunia mulai dari sebuah PC, jaringan berskala kecil
sampai pada jaringan yang berukuran besar menjadi tulang punggung internet
(backbone). Jaringan ini saling berhubungan atau berkomunikasi antara satu dengan
yang lainnya dengan menggunakan protocol IP (Internet Protocol, RFC 793) pada
network layernya (layer ke 3 dari model OSI) dan TCP (Transmision Control Protocol,
RFC 791) atau UDP (User Datagram Protocol, RFC 768) pada transport
layernya(layer ke 4 pada model OSI), sehingga setiap pemakai dari tiap jaringan
dapat saling mengakses semua service yang disediakan oleh jaringan lainnya.
Tempat dimana pemakai jaringan berasal disebut terminal.
Semula internet hanyalah sebuah jaringan kecil yang dibuat untuk Departemen
Pertahanan Amerika Serikat yang disebut Arpanet. Tetapi kemudian untuk alasan
riset maka jaringan itu diperluas dengan dihubungkan dengan jaringan-jaringan
perguruan tinggi yang ada. Lama kelamaan jaringan tersebut terus membesar
sehingga sampai sekarang ini.
Kemudian untuk menangani semua hal-hal yang berkaitan dengan internet maka
didirikanlah badan – badan khusus yang menanganinya. Nama awal dari jaringan
raksasa ini adalah DARPA Internet, yang kemusian disingkat hanya menjadi
internet saja. Internet juga dikenal sebagai jaringan informasi dunia, karena semua
informasi dunia ada dan dapat dicari disini. Dunia maya ini bagaikan lautan
informasi.
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
25 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Mengapa internet sangat terkenal dan diincar banyak orang? Jawabanya adalah
karena internet sudah menjadi seperti dunia nyata kita, di internet kita dapat
menawarkan barang, membeli barang, mengirim surat (e-mail), menerima surat,
mencari artikel, berkomunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu pengetahuan
tentang internet mutlak diperlukan dalam menyambut era perdagangan bebas.
Dengan mengenal dan memanfaatkan internet secara luas kita dapat bersaing
secara global. Jika ingin lebih tahu tentang internet kunjungilah web w3c, di
www.w3c.org ini adalah website dari consorsium yang mengatur tentang world wide
web.
2.2 ISP (INTERNET SERVICE PROVIDER)
Untuk terhubung ke internet kita memerlukan sebuah penyedia layanan
internet(ISP). Pada hubungan jenis ini pemakai hanya melakukan koneksi dari
terminal atau PC yang bertindak sebagai terminal melalui modem ke host yang ada di
ISP. Sifat hubungan seperti ini adalah dial-up, yaitu hanya membayar bila terjadi
hubungan saja. Jadi jika kita ingin terhubung ke internet kita tinggal menekan nomor
dial-up dari host ISP yang bersangkutan untuk hubungan antar modem, jika koneksi
sudah terjadi maka kita dapat login ke host ISP dan melakukan segala aktifitas yang
ingin kita lakukan seolah - olah kita berada dekat terminal computer tersebut.
Layanan ini sangat dibatasi oleh tersedianya service yang ada pada ISP apa yang
ditawarkan ISP itulah yang tersedia.
Dalam memilih ISP ada beberapa hal yang layak dipertimbangkan, antara lain adalah:
1. jenis layanan internet apa saja yang disediakan, semakin banyak jenis layanan
yang disediakan semakin baik. Paling sedikit harus ada komponen – komponen
penting yaitu e-mail, telnet session, file transfer protocol (FTP), dan world wide
web (www).
2. beberapa biaya yang dikenakan ISP setiap bulanya. Perhatikan juga perincian
perhitunganya.
3. ada dan baiknya bantuan teknik yang diberikan.
4. apakah ISP menyediakan POP (Post Office Protocol) yang dapat berfungsi seperti
kotak surat pribadi, jadi apabila kita tidak sedang terhubung ke ISP da ada mail
masuk maka mail tadi akan ditampung di POP.
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
26 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
2.3 KOMPONEN-KOMPONEN INTERNET
1. world wide web (www)
adalah bagian dari internet itu sendiri. Web terdiri dari kumpulan besar dokumendokume
yang disimpan pada computer-komputer diseluruh dunia, dan web
dibentuk oleh site-site (situs) yang special diseluruh internet yang mendukung
web browsing.
2. web page
adalah dokumen elektronik yang terletak dijaringan internet. Dokumen ini
disimpan di computer-komputer di semua penjuru dunia. Web page biasanya
berisi banyak informasi, mulai dari dokumen biasa, suara, bahkan film.
3. web server
adalah computer yang menyimpan web page-web page dan membuat web page
tersebut dapat dilihat orang lain.
4. web site
adalah koleksi dari web page-web page yang saling berhubungan dan dapat
diakses secara elektronik. Web page biasanya dimiliki oleh universitas,
pemerintah, perusahaan untuk dapat dilihat oleh banyak orang dari berbagai
penjuru dunia. Secara fisik sebuah web site terletak disebuah web server.
5. URL (Uniform Resource Locator)
Adalah alamat dari lokasi dokumen di internet. Kita dapat mengakses mengakses
web site yang jita dengar atau kita tahu alamatnya dengan memasukan alamat
web site tersebut pada address bar web browser kita. Contoh
www.kenkeina.com
Semua URL dimulai oleh http:// ini adalah protocol standart untuk berhubungan
dengan dunia internet. Tetapi pada browser yang terakhir tidak usah menuliskan
http:// lagi karena browser secara default sudah menggunakanya.
Pada penulisan URL terdapat unsur-unsur: www.nama_domain.
tipe_domain.kode_negara
Contoh: www.kenkeina.co.id yang berarti nama domainya kenkeina, type-nya co
(corporate/perusahaan), kode negaranya id(Indonesia).
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
27 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Beberapa domain dan peruntukannya:
*.com : untuk dipakai oleh perusahaan-perusahaan komersil.
*.edu : untuk dipakai oleh perguruan tinggi.
*.gov : untuk dipakai oleh badan-badan pemerintah.
*.mil : untuk dipakai oleh badan-badan militer
*.org :untuk dipakai oleh badan-badan yang tidak termasuk kategori diatas.
6. HTML (Hyper Text Markup Language)
Adalah bahasa computer yang digunakan untuk membuat web.
7. web browser
adalah sebuah program. Program ini membatu user untuk dapat mengakses web
site yang di kehendaki. Sekarang ini banyak sekali web browser yang dapat kita
gunakan. Tetapi ada satu browser yang sangat menonjol, yaitu Internet Explorer
milik perusahaan raksasa Microsoft. Browser ini telah tersedia secara default
didalam Microsoft Windows.
8. link atau hyperlink
adalah text atau image (gambar) pada web page yang mengacu atau
berhubungan atau dihubungkan dengan halaman lain dari web page. Jadi apabila
di klik link ini maka browser akan menampilkan web page yang dihubungkan
dengan link ini. Wujud link biasanya dapat dikenali dari warnanya dan tanda garis
bawahnya (apabila itu text). Akan tetapi yang lebih umum adalah, bila sebuah
link dilalui oleh mouse maka mouse pointer akan berubah menjadi bentuk
tangan. Biasanya text hyperlink berwarna biru dan bergris bawah.
9. mail server
adalah server yang digunakan untuk mengadakan service e-mail. Kita dapat
membuat mailbox pada server yang gratis. Banyak mail server yang menyediakan
service gratisan. Contoh mail server yang menyediakan service gratis adalah
www.yahoo.com, www.cataha.co.id, www.google.com, www.bolehmail.com,
www.plasa.com, dan lain-lain.
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
28 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
10. FTP server
Adalah server yang menyediakan akses file-file gratis untuk di download.
Biasanya FTP server menyediakan freeware atau artikel-artikel yang membantu
untuk penelitian. FTP server dapat diakses dengan menambahkan ftp:// pada
URL kemudian diikuti nama domainnya.
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
29 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Lampiran
Istilah-istilah pada Networking
1. Connector
Konektor diperlukan untuk menghubungkan interface kabel dengan interface
computer. Tiap media penghantar memerlukan konektor yang berbeda pula.
Tergantung pada cara transmisi datanya. Untuk memasang kabel ke konektornya
digunakan alat khusu, yaitu Tang Trimer.
2. Modem (Modulator-DEMulator)
Adalah sebuah alat yang memungkinkan computer saling berkomunikasi melalui
saluran telephone. Modem mengkonversi data digital computer menjadi sinyal
analog yang dapat dikirim melalui saluran telephone dan mengubah sinyal
tersebut kembali ke data digital pada ujung saluran telephone yang lain.
Kecepatan komunikasi untuk data yang tidak terkompres dapat mencapai 33600
bps. Sedangkan untuk data yang terkompres bisa lebih cepat lagi.
Table Standart MODEM
Modulasi Kemungkinan Laju Kecepatan (bps)
V.21 300
V.22 1200
V.22 bis 2400,1200
V.23 1200
V.32 9600,4800
V.32 bis 14400,12000,9600,7200,4800
V.34 28800,26400,24000,19200,16800,14400,12000,9600,7200,4800,2400
V.FC 28800,26400,24000,19200,16800,14400
Standart Industri V.xx merupakan rekomendasi dari ITU (International
Telecomunication Unions). Sedangkan V.FC(V.Fast Class) dikeluarkan oleh
Rockwell Integreted.
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
30 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
Kode-kode lampu indicator modem eksternal:
DC Data Compression Kompresi data
EC Error Correction Koreksi data
FC Flow Control Kendali aliran
AA Auto Answer Deteksi otomatis atas koneksi yang masuk
CD Carrier Detect Deteksi sinyal data dari modem ke komputer
OH Off Hook Modem sedang dipakai
RD Receive Data Data dikirim dari modem ke computer atau serial lain
SD Send Data Data atau perintah dikirim dari serial port computer ke
modem
TR Terminal Ready Computer siap untuk mengirim atau menerima data
MR Modem Ready Modem siap untuk mengirim atau menerima data
3. Server
Computer yang dipergunakan dan diposisikan mnjadi pusat kegiatan jaringan.
4. Client
Computer yang memanfaatkan layanan dari computer server untuk menjalankan
tugasnya.
5. Network card
Disebut juga NIC (Network Interface Card), kartu ini berupa sebuah alat
elektronik yang ditancapkan pada bagian slot motherboard computer.
Alat ini yang akan menjadi pengatur data-data yang akan dikirimkan dan
mengecek validasinya.
6. Jaringan telephone
Jika menggunakan koneksi model dial-up maka diperlukan jaringan telephone
untuk mengirimkan data ke dan menerima data dari computer tujuan.
7. Operating System server
Sistem operasi yang sangat baik untuk jaringan adalah UNIX, setelah UNIX
adalah ;Linux, Windows 3.1, Windows 2000 server, Windows 2003 Server.
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
31 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
8. Operating System Client
Client juga perlu adanya OS yang cocok untuk OS server yang ada. Misal server
menggunakan Windows 2003 Server, maka paling tidak client menggunakan
Windows XP.
9. HUB atau Concentrator
Adalah suatu perangkat keras yang memiliki banyak port yang akan
menghubungkan beberapa titik (node) sehingga membentuk suatu jaringan pada
topologi jaringan berbentuk star.
10. Router
Merupakan pembagi jaringan secara logical. Misal sebuah IP router bisa membagi
jaringan menjadi beberapa subnet sehingga lalu lintas yang ditujukan untuk IP
address tertentu yang bisa mengalir dari satu segment ke segment yang lain.
11. Bridge
Adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan yang sama
maupun berbeda (seperti fastnet dan Ethernet)
12. Switch
Merupakan perluasan dari konsep bridge.
Ada dua arsitektur untuk switch, yaitu cut-through dan strore-and-forward
Cut-through
ketika sebuah paket datang, hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum
diteruskan ke segmen tujuannya.
Store-and-forward
menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum diteruskan ke tujuannya.
13. UPS (Uninterupable Power Supply)
Penyimpan listrik sementara.
14. On-line
Adalah status untuk user yang sudah memasuki jaringan dan sedang
menggunakan computer client untuk menegrjakan kewajibanya.
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
32 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
15. Off-line
Status dimana user diluar jaringan (tidak menggunakan jaringan)
16. User
Pengguna jaringan, harus memiliki user name dan password supaya bisa log-in.
17. Administrator jaringan
Orang yang bertanggung jawab penuh atas kegiatan yang berlangsung didalam
jaringan, beserta keamanan jaringan juga termasuk tanggung jawab
administrator.
18. Account
Identifikasi pribadi user
19. Log-In
Sesi dimana user harus memasukan personal identifikasinya.
20. Log-Off
Sesi kebalikan dari Log-In atau keluar dari jaringan.
21. Network Map
Peta jaringan. Guna: untuk mengetahui siapa saja yang sedang terhubung
dalam jaringan dan menggunakan computer mana.
22. Protokol (universal language)
Tatacara atau aturan berkomunikasi antara computer satu dengan yang lainya.
23. TCP (Transmission Control Protocol)
Fungsi : mengubah sebuah blok data yang besar menjadi segmen-segmen yang
dinomori dan disusun secara berurutan agar penerima dapat menyusun kembali
segmen-segmen tersebut seperti waktu blok data dikirim.
24. IP
Adalah protocol yang memberikan alamat atau identifikasi logika untuk peralatan
jaringan.
Jaringan Komputer
Teknologi Informasi 2006
33 of 33 Thanxtoma5yongkeinadewiexgulakuD’prind
25. Computer name
Adalah jenis identifikasi yang statis, dimanapun computer dipindahkan
26. Bandwith
Sebuah ukuran untuk menyatakan seberapa mampu jaringan mengantarkan atau
menampung lalu lintas data, dengan satuan Mbps.
27. Telnet (Telecomunication network)
Sebuah program yang digunakan untuk mengakses computer lain dari jarak jauh
(remote). Menggunakan port 23 untuk terhubung ke transport layer.
28. Backbone
Sebuah jaringan utama yang menyangga lalu lintas data.
29. Firewall
Software yang akan menjaga port-port sistem dari penyalah gunaan fungsinya.
30. Spam
Penyebar e-mail yang bertujuan untuk menawarkan suatu barang atau jasa.
31. worm
sejenis program yang dibuat dengan maksud memenuhi hard drive computer
korban dengan file-file yang diciptakannya.
32. Trojan horse
Semacam program yang dapat menggandakan dirinya sendiri seperti virus, dan
memasuki sistem dari computer korban kemudian menjalankan fungsi-fungsi
remote dari jarak jauh.




1 komentar:

Kaspa Yobel mengatakan...

thanks friend info nya bagus

Poskan Komentar

Advertisement